All New Honda CBR1000RR Akan Gunakan mesin V4


Pada penghujung tahun 2017 silam kita sudah diberikan sebuah kejutan oleh pihak Ducati yang akhirnya menanamkan mesin baru dengan jenis V4 pada motor kentjang mereka Ducati Panigale. Dan dengan penggunaan mesin baru tersebut, Ducati Panigale V4 punya model kekuatan baru yang buas merupakan menempuh 214 telepon pintar. Nah, langkah serupa nampaknya akan dicontoh oleh pabrikan asal Jepang, merupakan Honda dengan Honda CBR1000RR mereka di masa yang akan datang.

Seperti yang kita ketahui, Honda CBR1000RR yang kita ketahui saat ini memang masih terkesan fresh karena pada tahun 2017 silam pihak Honda baru saja menyegarkan sang kuda besi. Kecuali menyegarkan tampilannya, pihak Honda juga melakukan sebagian tuning pada sisi mesin sehingga kekuatan puncak yang mulanya hanya 171 telepon pintar menjadi 189 telepon pintar, bahkan demikian itu dengan torsi yang menjadi 114 Nm dari sebelumnya yang hanya 106 Nm. Namun secara lazim, mesin yang digunakan di Honda CBR1000RR versi 2017 masih menerapkan unit berkubikasi 999cc inline four cyl yang punya spesifikasi bore x stroke di angka 76 mm x 55,1 mm. Mesin ini sendiri merupakan mesin yang sama yang digunakan oleh Honda CBR1000RR sejak tahun 2008 silam, yang artinya sudah berusia 10 tahun di tahun ini.

Mengamati gempuran dari sang rival asal Italia, nampaknya pihak Honda tak berharap membisu – membisu saja. Kecuali itu, untuk spesifikasi di atas kertas saja Honda CBR1000RR sudah keok telak 25 telepon pintar apabila dibandingi dengan Ducati Panigale V4, walaupun di jalanan akan sangat bergantung pada rider-nya. Nah, oleh karena itu, tak mengagetkan apabila pihak Honda melirik mesin dengan konfigurasi yang mirip – mirip dengan Ducati Panigale V4. Dan benar saja, mengutip pemberitaan melalui Drivespark, pihak Honda dipercaya sedang memaksimalkan mesin V4 untuk All New Honda CBR1000RR di masa depan. Dan Honda sendiri sesungguhnya bukan tanpa modal, karena mereka juga punya unit mesin dengan konfigurasi V4 yang punya kualitas mumpuni.


Yap, mesin tersebut merupakan mesin dari Honda RC213V yang mengandalkan unit mesin berkubikasi 1.000cc dengan ledakan kekuatan menempuh 228 telepon pintar. Tentunya akan ada sedikit penyesuaian pada mesin tersebut apabila nantinya dipasangkan pada Honda CBR1000RR, karena yang jelas motor ini haruslah road sah. Namun dengan modal mesin tersebut, pihak Honda dipercaya kapabel unjuk gigi terhadap rivalnya asal Italia tersebut. All New Honda CBR1000RR V4 sendiri dilansir akan hadir di perayaaan ulang tahun Honda yang ke 70. Secara desain, beritanya All New Honda CBR1000RR V4 sendiri akan lebih ‘lancip’ dan lebih modern apabila dibandingi dengan Honda CBR1000RR 2017 silam. Sebagian komponen seperti lampu LED dan winglet akan menjadi standar di All New Honda CBR1000RR V4 ini.

Oiya, bukan hanya urusan mesin, All New Honda CBR1000RR V4 juga dilansir akan dibangun dengan rangka cast-almunium semi-monocoque yang mana sekali lagi mirip dengan milik Ducati Panigale V4. Nah, seperti apa motor ini nantinya? Kita tunggu saja ya. Bagaimana menurutmu?

Komentar